Senin, 25 September 2023

Pelaksanaan PMT Pangan lokal untuk ibu hamil KEK dan balita gizi kurang Di Desa Blang Merang

 


Blang Merang , 25 September  2023 - Dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu hamil dengan Kekurangan Energi Kronis (KEK) dan balita yang mengalami gizi kurang, UPT Puskesmas Baranusa telah melaksanakan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) lokal di Desa Blang Merang Kecamatan Pantar Barat kabupaten Alor.

Dalam pelaksanaannya, program PMT lokal melibatkan tim GIZI Puskesmas Baranusa serta Kader Pendamping. Tim tersebut melakukan pemberian langsung PMT di Posyandu Flamboyan I dan Posyandu Flamboyan II Desa Blang Merang bertujuan untuk mengurangi kasus kejadian KEK bagi ibu hamil dan gizi kurang pada anak. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal dalam mencegah terjadinya stunting pada masa pertumbuhan anak. Selain itu, program PMT lokal juga membantu para ibu hamil dan orangtua balita dalam mendapatkan akses ke pelayanan kesehatan lanjutan seperti pemantauan rutin perkembangan anak oleh petugas kesehatan setempat.

Kegiatan Pelayanan sebagaimana dimaksud diatas direncanakan selama tiga bulan berturut-turut atau selama 90 hari.

Dalam pemberian PMT Pangan Lokal untuk Ibu hamil KEK (kekurangan energi & protein), balita kurang gizi, balita berat badan kurang, balita tidak naik. PMT ini diberikan bukan berupa bahan pangan atau mentah, tetapi diberikan dalam bentuk siap santap, agar nilai gizinya sesuai kebutuhan. Adapun Bahan baku PMT diupayakan dari bahan pangan lokal daerah yg mudah didapat. turut hadir dalam pelayanan rutin setiap hari ini antara lain tim GIZI, Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Baranusa, Tim Penggerak PKK Des Blang Merang serta Kader Posyandu Desa Blang Merang. 
(beritadesablangmerang) 

jenis pangan lokal









 

0 komentar:

Posting Komentar