Sabtu, 22 Juli 2023

Lomba Desa Tingkat Nasional, Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Desa Blang Merang Alor NTT


| Klarifikasi Lapangan |
BARANUSA – Keberhasilan lolos menjadi wakil Provinsi NTT pada ajang lomba desa tingkat nasional membuat Desa Blang Merang Kecamatan Pantar Barat Kabupaten Alor, kini berada di ambang sejarah. Jika berhasil keluar sebagai yang terbaik, Desa Blang Merang bakal mencetak sejarah baru bagi Kabupaten Alor NTT sebagai Desa pertama yang mampu jadi juara lomba desa tingkat nasional. Kendati cukup berat karena harus bersaing dengan desa wakil provinsi lainnya di Indonesia, secara peluang masih terbuka lebar.

“Saya tidak mau berandai-andai seberapa besar peluang (Desa Blang Merang) jadi juara lomba desa tingkat nasional. Tapi yang jelas, peluang tetap ada,” ungkap Koordinator Tim Penilai Lomba Desa Nasional, Dr. Nasrullah, S.Sos., M.Si., disela-sela saat verifikasi lomba desa nasional di Desa Blang Merang, Jumat, 21 Juli 2023.

Ungkapan Lewo Piring Sina Tanah Mako Jawa tak sekedar ungkapan belaka. kini Desa Blang Merang meraih golden Tiket 3 besar bersama Desa  Semparu Kec. Kopang Kab. Lombok  Tengah NTB.  Desa Banjar Ausoy Kec. Manimeri Kab. Teluk Bintuni prop. Papua Barat menuju tingkat Nasional. Tahapan demi tahapan dimulai dari pengiriman data sampai pada klarifikasi lapangan dilalui dengan sukses sampai pada titik ini. persaingan cukup sengit tidak seperti biasanya pada tahun sebelumnya dalam Gelar Lomba Desa yang biasa di ikuti.   

 Di mana timnya turun untuk melakukan verifikasi guna melihat secara langsung kesesuaian dokumen yang dikirim oleh pemerintah desa dengan kondisi di lapangan. Hasilnya verifikasi tersebut kemudian akan dipaparkan di hadapan dewan juri dan kemeterian terkait pada Tanggal 08 sd 11 Agustus 2023 di Ruang Rapat Paramananda Lantai 4 Gedung C Direktorat Bina Pemdes, jln Raya Masar Minggu Km 19 Jakarta Selatan. 

kita sama-sama menyadari bahwa, kondisi desa di masing-masing wilayah berbeda. Ada yang memang sudah sangat maju, sehingga mereka bersaing dengan desa yang sudah sama-sama maju. Sementara desa-desa yang berada di wilayah yang belum maju, bertanding dengan desa yang hampir sama kondisinya.

Supaya berkeadilan, karena desa yang berada di wilayah yang belum maju jelas akan kalah jauh dari desa di wilayah yang sudah maju. “Pemenang lomba desa dari masing-masing zona tersebut berkesempatan untuk mengikuti upacara peringat HUT RI di Istana Negara.

Bahkan tidak menutup kemungkinan Desa Blang Merang  bisa menjadi yang Terbaik di Tingkat Nasional nantinya.  

(baranusa......katte mo narang wauk)

0 komentar:

Posting Komentar