Jumat, 24 Maret 2023

Harga Rumput Laut Alor Tertinggi di NTT


| Pulau Lapang |
Baranusa - Harga rumput laut di Kabupaten Alor tertinggi di NTT, hal ini disampaikan oleh Muhammad Saleh Goro, selaku Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Kabupaten Alor saat kunjungan kerja ke Desa Baranusa, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor, Selasa 21 Maret 2023.

"Harga rumput laut di Kabupaten Alor mencapai Rp. 32.000 per kilo di harga terbaru. Harga ini merupakan harga rumput laut tertinggi di NTT saat ini," ujarnya, pada kunjungan yang berlangsung di Aula Desa Baranusa.


Selain itu Muhammad juga menyampaikan bahwa program konservasi selat pantar, meraih rangking 2 dari 98 daerah konservasi skala nasional.


"Ada program kegiatan yang akan dilakukan untuk mendukung pengawasan program konservasi perairan. Selat Pantar Kabupaten Alor, berhasil raih rangking 2 dari 98 kawasan konservasi baik nasional maupun daerah selisih 3 poin dari Raja Ampat yang menjadi juara pertama. Hal ini yang mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadikan Kampung Pulau Lapang, Desa Blang Merang yang merupakan penghasil rumput laut, sebagai salah satu dari 17 kawasan yang akan didanai dari 2023- 2028," terangnya.

Muhammad meminta agar desa lain di wilayah kecamatan Pantar Barat agar tidak berkecil hati, karena akan ada dampak dari program pemerintah.


"Desa-desa lain jangan berkecil hati, karena akan ada dampak dari pada pelaksanaan program ini kepada desa lain di sekitarnya," ucapnya.

Dalam waktu dekat nama kawasan konservasi Selat Pantar akan diubah menjadi Taman Wisata Kepulauan Alor oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.


"Hari jumat kita ada rapat terakhir di Kementerian Kelautan dan Perikanan menyangkut dengan penetapan Kawasan dari Selat Pantar akan berganti nama menjadi Taman Pulau Alor dan akan ditetapkan dengan SK dari Kementerian," terangnya.


Muhammad berharap Kepala desa dan pengrajin rumput laut yang hadir dalam kunjungan kerja tersebut dapat mendukung program pemerintah demi mengangkat potensi lokal dan memajukan Kecamatan Pantar Barat.


Sementara itu, Taslim Djou selaku Camat Pantar Barat mengapresiasi kunjungan kerja tersebut. Baginya kunjungan kerja ini dapat mendorong semangat masyarakat untuk terus memajukan ekonomi dan potensi daerah.


"Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kunjungan kerja Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor bersama Tim, semoga informasi baik ini dapat mendorong warga kami untuk terus memajukan ekonomi dan juga potensi daerah di Pantar Barat," pungkasnya. (cr19)


Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Harga Rumput Laut Alor Tertinggi di NTT, https://kupang.tribunnews.com/2023/03/22/harga-rumput-laut-alor-tertinggi-di-ntt.

0 komentar:

Posting Komentar