Rabu, 16 Agustus 2023

Luar Biasa! Desa Blang Merang, Alor Juara I Lomba Desa 2023

Mendagri Tito Karnavian foto bersama dengan Kepala Desa dan Lurah dari Desa dan Kelurahan yang juara lomba desa tahun 2023 di Jakarta, Senin (15/8/2023). (foto: ist)

Jakarta -Desa Blang Merang, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) keluar sebagai juara I lomba desa untuk wilayah 4 (Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Juara kedua disusul Desa Semparu, Kecamatan Kopang, Kabupaten LombokTengah, Nusa Tenggara Barat dan juara ketiga Desa Banjar Ausoy, Kecamatan Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.


Penyerahan penghargaan kepada desa juara ini dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang didampingi Ketua TP PKK Ibu Tito Karnavian dalam Pembukaan Temu Karya Nasional (TKN) dan Anugerah Desa dan Kelurahan Berprestasi tahun 2023 di Ancol, Jakarta, Senin (15/8/2023). Desa dan kelurahan yang keluar sebagai juara di empat wilayah ini berhak membawa pulang satu buah sepeda motor dan piala.


Mendagri Tito mengatakan, pembangunan desa dan kelurahan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa dan kelurahan, karena sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di desa. Selain itu, kata Mendagri, pengembangan desa dan kelurahan akan mencegah urbanisasi yang berlebihan.


Pengembangan desa dan kelurahan, katanya, juga diharapkan bisa menjadi sentra ekonomi baru di berbagai tempat, sehingga menumbuhkan industri dan desa. “Desa harus menjadi sentra-sentra ekonomi yang baru, tidak hanya mengandalkan kota,” katanya.


Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menegaskan, Temu Karya Nasional ini diharapkan menjadi ajang pertemuan dan sharing serta menjadi media publikasi keberhasilan dari juara lomba desa/kelurahan tingkat provinsi dan tingkat regional seluruh Indonesia.


Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemberian penghargaan dan apresiasi kepada kepala desa/lurah juara dan kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota yang berhasil membina desa/kelurahan di wilayahnya menjadi desa/kelurahan berprestasi.


“Dari kegiatan ini diharapkan akan mampu membangun semangat untuk berkompetisi dan berkolaborasi antar desa dan kelurahan di setiap daerah serta mendorong inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat desa/kelurahan,” jelas Eko.


Dirjen Eko Prasetyanto mengatakan, selama pelaksanaan Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Penghargaan Kepada Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023, peserta akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, yakni Pemberian Penghargaan Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Dan Tingkat Regional Tahun 2023; Menghadiri Sidang Tahunan DPR RI, DPD RI dan MPR RI; kunjungan ke KPK dan mendapat materi tentang penguatan kapasitas kepala desa/perangkat desa tentang pencegahan korupsi; mengikuti renungan suci Di Taman Makam Pahlawan Kalibata; upacara peringatan HUT RI di Istana Negara serta mengikuti workshop penguatan tata kelola pemerintahan desa.(sn-10)


Hasil Lengkap Juara Lomba Desa dan Kelurahan

Berdasarkan penilaian juri dari berbagai instansi di luar Kementerian Dalam Negeri, Mendagri menetapkan juara lomba desa, untuk wilayah I (Sumatera), juara 1 Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar; Juara II Desa Pujokerto, Kabupaten Lampung Tengah. Juara III Desa Mane Tunong, Kabupaten Aceh Utara.


Wilayah 2 (Jawa dan Bali), Juara I Desa Tegal Arun, Kota Denpasar. Juara II Desa Logandeng, Kabupaten Gunung Kidul. Juara III Desa Cinta, Kabupaten Garut.


Wilayah 3 (Kalimantan dan Sulawesi), Juara I Desa Labanan Makarti, Kabupaten Berau. Juara II Desa Jawai Laut, Kabupaten Sambas. Juara III Desa Bombanon, Kabupaten Banggai.


Wilayah 4 (Nusa Tenggara, Maluku dan Papua), Juara I Desa Blang Merang, Kabupaten Alor. Juara II Desa Semparu, Kabupaten Lombok Tengah. Juara III Desa Banjar Ausoy, Kabupaten Teluk Bintuni.


Sedangkan untuk Juara Kelurahan Wilayah I (Sumatera), Juara I Kelurahan Yosorejo, Kota Metro. Juara II Kelurahan Balai Jaring, Kota Payahkumbuh. Juara III Kelurahan Laksamana, Kota Dumai.


Wilayah 2 (Jawa dan Bali), Juara I Kelurahan Pegangsaan Dua, Kota Jakarta Utara. Juara II Kelurahan Sukamiskin, Kota Bandung. Juara III Kelurahan Cisauk, Kabupaten Tangerang.


Wilayah 3 (Kalimantan dan Sulawesi), Juara I Kelurahan Karang Rejo, Kota Balikpapan. Juara II Kelurahan Maccini Sombala, Kota Makassar. Juara III Kelurahan Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur.


Wilayah 4 (Nusa Tenggara, Maluku dan Papua), Juara I Kelurahan Lewirato, Kota Bima. Juara II Kelurahan Bobo, Kota Tidore. Juara III Kelurahan Danaweria, Kabupaten Fak Fak.


Selain penghargaan kepada desa dan kelurahan berprestasi di empat regional, Mendagri Tito Karnavian juga menganugerahkan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023. Anugerah ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang dianggap berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan, sehingga berhasil meraih prestasi di tingkat nasional.


Anugerah ini diberikan kepada 15 kepala daerah, yakni Gubernur Riau, Gubernur Lampung, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Bali, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur NTB dan Gubernur NTT. Sedangkan Bupati yang meraih Upakarya Wanua Nugraha, yakni Bupati Kampar, Bupati Berau dan Bupati Alor.


Selain itu, ada lima walikota yang meraih penghargaan serupa, yakni Walikota Denpasar, Walikota Metro Lampung, Walikota Jakarta Utara, Walikota Balikpapan dan Walikota Bima.(*)

0 komentar:

Posting Komentar